PJ Kades Sri tanjung Imbau Warga Waspada Karhutlah Musim kemarau

IMG-20240324-WA0067

PJ Kades Sritanjung  Ali Sapri SAg M.IP

RUPAT24JAM.COM, SRITANJUNG – Memasuki musim kemarau, Kepala desa Sri tanjung Ali Sapri. S Ag. M.IP menghimbau masyarakatnya untuk mewaspadai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah).

Ali Sapri mengatakan, wilayah Sri tanjung memiliki lahan yang bergambut, rawan terjadi kebakaran lahan. Untuk itu, mari hindari aktivitas yang dapat memicu terjadinya Karhutlah. Seperti membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar.

“Kami imbau masyarakat tidak membakar lahan dengan cara dibakar. Apalagi lahan kita ada yang bergambut, sehingga mudah terbakar,” imbau Ali. Safri , Minggu (24/3/2024).

Ia menambahkan, Karhutla dapat merugikan masyarakat setempat dan orang banyak akibat dampak kesehatan yang disebabkan.

BACA JUGA  Pemdes  Sri Tanjung Gelar  Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM  Perempuan Desa

Selain itu, Karhutla juga berdampak pada perusakan lingkungan sekitar.

“Oleh karena itu, perlu imbauan kepada masyarakat Desa Sritanjung agar menjaga lingkungan sekitar dan dapat bekerjasama dengan Polri serta pemerintah desa tentunya,” ungkapnya.

Melalui imbauan, Ali Safri berharap dapat memberi kesadaran kepada masyarakat agar lebih taat dan peduli lingkungan serta tidak membakar hutan dan lahan.

“Budaya masyarakat untuk membuka lahan dengan cara dibakar kini tidak dibenarkan lagi, karena dapat dijerat sesuai aturan hukum yang berlaku,” tuturnya.

Sementara sanksi pidana pelaku pembakar hutan dan lahan ada di Pasal 78 ayat (3) yang berisi barang siapa dengan sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf d, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling berat Rp5 miliar.***( Bayu )

Bagikan: